Media berasal dari kata medius (bahasa Latin) yang artinya pengantar, perantara atau tengah (menengahi antara materi dan PBM). Secara garis besar Media adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh atau mendapat, pengetahuan, keterampilan, atau sikap (Gerlach and Ely 1971).
Gerlach and Ely memandang guru, buku teks atau seluruh buku yang berhubungan dengan pembelajaran dan lingkungan adalah media.Walau pun demikian dalam dunia PBM atau Proses Pembelajaran Mengajar Media kerap diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis atau eletronik untuk menangkap, memproses, serta menyusun ulang informasi verbal dan visual (Azhar Arsyad 214).
Selain pengertian diatas ada beberapa pengertian media yang telah dikemukan para ahli seperti yang dikutip dalam buku Media Pembelajaran. Berikut penulis kutip satu persatu pengertian Media:
1. Association of Education and Communication Technology (AECT)
Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau message (pesan) dalam proses pembelajaran mengajar (PBM).
2. Fleming 1987;234
Media (Mediator) yaitu penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikanya. Dalam hal ini media memiliki peran atau fungsi mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar siswa atau anak didik dan isi materi atau pelajaran yang diberikan. Lebih jelasnya media adalah alat pengantar atau penyampaian pesan pembelajaran.
3. Heinich DKK 1982
Media atau medium adalah perantara yang mengantar informasi antara sumber (Guru) dan penerima (Siswa/Anak Didik). Heinich DKK memandang Film, Foto, Televisi, Radio, Rekaman Audio, Gambar yang diproyeksikan, bahan-bahan cetakan dan sejenisnya adalah media komunikasi.
4. Hamidjojo dalam Latuheru 1993
Media adalah segala bentuk perantara yang dipakai manusia untuk menyampaikan gegasan atau menyebar ide sehingga sampai pada penerima.
5. Hamalik 1986
Media yaitu alat bantu atau media komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga berjalan dengan lancar dengan hasil yang maksimal.
6. Gagne dan Briggs 1975
Media adalah yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang antara lain, komputer, televisi, grafik, gambar, foto, Slide, Gambar Bingkai, Film, Video Recorder, Video Camera, Kaset, Tape recorder dan buku. Dia memandang, media adalah komponen sumber belajar yang mengandung materi instruksional yang dapat merangsang belajar siswa.
7. NEA (National Education Association
Media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio-visual dan perantaranya; dengan demikian, media dapat dimanipulasi, didengar atau dibaca dan dilihat.
8. Gerlach and Ely 1971
Media adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh atau mendapat, pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
Demikian Delapan pengertian media diatas. Kesimpulanya media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajara mengajar (PBM), demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah di rumuskan dalam SK ( Standar Kompetensi) kurikulum atau dalam silabus lebih dikenal dengan KD (Kompetensi Dasar atau dalam RPP dikenal dengan Tujuan Pembelajaran.
Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman guru.
Reff:
Arsyad, Prof. Dr. Azhar, M.A. 2014. Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Hal 1-6
Gerlach and Ely memandang guru, buku teks atau seluruh buku yang berhubungan dengan pembelajaran dan lingkungan adalah media.Walau pun demikian dalam dunia PBM atau Proses Pembelajaran Mengajar Media kerap diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis atau eletronik untuk menangkap, memproses, serta menyusun ulang informasi verbal dan visual (Azhar Arsyad 214).
Selain pengertian diatas ada beberapa pengertian media yang telah dikemukan para ahli seperti yang dikutip dalam buku Media Pembelajaran. Berikut penulis kutip satu persatu pengertian Media:
1. Association of Education and Communication Technology (AECT)
Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau message (pesan) dalam proses pembelajaran mengajar (PBM).
2. Fleming 1987;234
Media (Mediator) yaitu penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikanya. Dalam hal ini media memiliki peran atau fungsi mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar siswa atau anak didik dan isi materi atau pelajaran yang diberikan. Lebih jelasnya media adalah alat pengantar atau penyampaian pesan pembelajaran.
3. Heinich DKK 1982
Media atau medium adalah perantara yang mengantar informasi antara sumber (Guru) dan penerima (Siswa/Anak Didik). Heinich DKK memandang Film, Foto, Televisi, Radio, Rekaman Audio, Gambar yang diproyeksikan, bahan-bahan cetakan dan sejenisnya adalah media komunikasi.
4. Hamidjojo dalam Latuheru 1993
Media adalah segala bentuk perantara yang dipakai manusia untuk menyampaikan gegasan atau menyebar ide sehingga sampai pada penerima.
5. Hamalik 1986
Media yaitu alat bantu atau media komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga berjalan dengan lancar dengan hasil yang maksimal.
6. Gagne dan Briggs 1975
Media adalah yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang antara lain, komputer, televisi, grafik, gambar, foto, Slide, Gambar Bingkai, Film, Video Recorder, Video Camera, Kaset, Tape recorder dan buku. Dia memandang, media adalah komponen sumber belajar yang mengandung materi instruksional yang dapat merangsang belajar siswa.
7. NEA (National Education Association
Media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio-visual dan perantaranya; dengan demikian, media dapat dimanipulasi, didengar atau dibaca dan dilihat.
8. Gerlach and Ely 1971
Media adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh atau mendapat, pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
Demikian Delapan pengertian media diatas. Kesimpulanya media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajara mengajar (PBM), demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah di rumuskan dalam SK ( Standar Kompetensi) kurikulum atau dalam silabus lebih dikenal dengan KD (Kompetensi Dasar atau dalam RPP dikenal dengan Tujuan Pembelajaran.
Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman guru.
Reff:
Arsyad, Prof. Dr. Azhar, M.A. 2014. Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Hal 1-6
Komentar
Posting Komentar